Tahun Ini, Calhaj Bisa Cetak Visa Sendiri

Share this:
BMG
Petugas Kemenag sedang memverifikasi data pembuatan visa calon jamaah haji.

JAKARTA, BENTENGASAHAN.com– Pemerintah kembali memberikan kemudahan kepada para calon jamaah haji (calhaj). Mulai tahun ini, jamaah bisa memeriksa sendiri apakah visa haji mereka sudah terbit. Bukan itu saja, para jamaah bahkan bisa langsung mencetak sendiri visa mereka.

Kepala Seksi Pemvisaaan Subdit Dokumen dan Perlengkapan Haji Kementerian Agama (Kemenag) Ahmad Jauhari menjelaskan, jamaah yang ingin mengetahui status visanya bisa masuk ke website milik kementerian luar negeri.
Situs tersebut memiliki beberapa fitur terkait pembuatan visa.

’’Pilih kolom nomor paspor, isi, lalu ketik nama depan jamaah sesuai yang tertera dalam paspor,’’ terang Jauhari di Kantor Kemenag, Jakarta, kemarin.

Jika nomor paspor dan nama depan benar, akan muncul beberapa kolom yang harus diisi oleh jamaah haji. Setelah semua kolom diisi, secara otomatis akan muncul visa yang siap di-print.

’’Mau diprint 10 atau 50 lembar boleh. Semuanya asli dan resmi,’’ terangnya.
Dia menjelaskan, sebenarnya saat ini sudah berlaku sistem visa elektronik. Dengan sistem itu, semua data jamaah bisa diakses secara online. Namun, petugas imigrasi Arab Saudi masih sering menanyakan bukti fisik visa jamaah.

(baca: Ustad Ade: Kalau Jujur, Tunjukkan Visa Umrohmu!)

’’Nah, jika sudah nge-print, jamaah bisa langsung menunjukkan fisik visa kepada petugas imigrasi Arab Saudi yang menanyakannya,’’ ujarnya.

Share this: