Festival Bedug Meriahkan Idul Fitri 1440 H di Kota Tanjungbalai

Share this:
TIUS SIAGIAN-BMG
Walikota Tanjungbalai HM Syahrial saat membuka Festival Bedug di Gedung IPQOH Kota Tanjungbalai, Selasa (4/6/2019) malam.

TANJUNGBALAI, BENTENGASAHAN.com– Festival Bedug yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungbalai melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Tanjungbalai turut menambah meriahnya suasana malam takbiran penyambutan Hari Raya Idul Fitri 1440 H/ 2019 M di Kota Tanjungbalai, Selasa (4/6/2019) malam. Festival Bedug yang dilaksanakan di Gedung IPQOH, sekitaran Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah/Lapangan Pasir Kota Tanjungbalai itu dikuti 35 peserta tingkat dewasa dan remaja.

Walikota Tanjungbalai HM Syahrial membuka Festival Bedug dengan memukul Bedug dan Takbir yang disaksikan oleh unsur Forkopimda, pimpinan OPD, Kepala Kemenag dan tokoh agama kota itu.

Kepala Disporapar Kota Tanjungbalai Siman dalam laporannya mengatakan, Festival Bedug tersebut diikuti oleh 35 regu masing-masing terdiri dari 15 regu dari tingkat dewasa dan 20 regu dari tingkat remaja. Disebutkan, peserta tersebut adalah para pelajar SMA sederajat, Remaja Masjid dan masyarakat Kota Tanjungbalai.

“Kegiatan ini merupakan wujud kegembiraan umat Islam di Kota Tanjungbalai dalam menyambut hari kemenangan, yakni Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H. Festival Bedug ini diawali dengan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan dan menyambutnya dengan kumandang takbir dan tahmid menyebut Asma Allah SWT. Saya berharap, melalui kegiatan ini dapat menanamkan nilai-nilai ajaran Islam guna meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, mengajak generasi muda penerus bangsa dan umat Islam serta sebagai wadah sarana kompetisi berkemampuan bertakbir dan seni memukul Bedug. Sekaligus juga menjadi sarana daqwah Islamiyah yang diharapkan dapat mendorong meningkatnya partisipasi dalam pembangunan,” ujar Syahrial.

Dalam kesempatan itu, Walikota Tanjungbalai ini juga mengucapkan, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Minal Aidin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Bathin kepada seluruh masyarakat Kota Tanjungbalai. Walikota juga berjanji akan memberikan tambahan hadiah bagi pemenang Festival Bedug untuk juara I tingkat remaja dan dewasa berupa uang tunai senilai Rp1 juta.

BacaWalikota Tanjungbalai Lantik 10 Pejabat Eselon II dan IV, Ini Nama Selengkapnya

BacaAsal Tahu Saja, Pemko Tanjungbalai Juga Ngutang Untuk Infrastruktur

Berhasil meraih juara I tingkat dewasa yakni utusan dari Dinas Pendidikan, juara II Istiqomah, juara III As Salamah, Juara Harapan I Polres Tanjungbalai, harapan II DKTB dan Harapan III diraih Teluk Nibung.

Sedangkan untuk tingkat remaja Juara I diraih Ittihadul Ibadah, juara II diraih Umi Nadrah, Juara III Aswa Bedug, juara harapan I diraih Squad RMS, harapan II Hairy dan juara harapan III Nurafiq.

Share this: