Plt Bupati Labuhanbatu Ingin Rencana Pembangunan Bandara Dilanjutkan

Share this:
Humas Pemkab Labuhanbatu for BMG
Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe ketika menyerahkan dokumen rencana teknis pembangunan bandara di Aek Nabara kepada GM DLAB 3 RM Mulianta, belum lama ini.

LABUHANBATU, BENTENGASAHAN.com– Rencana pembangunan bandar udara (bandara) di Kabupaten Labuhanbatu berlokasi di lahan PTPN 3 Aek Nabara Kecamatan Bilah Hulu diminta kembali diproses oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Hal ini disampaikan plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe usai acara silaturrahmi bertajuk ‘Coffee Morning’ dengan pihak PTPN 3 di Ruang Kerja Bupati Labuhanbatu, kemarin.

Pertemuan itu dihadiri Asisten Adm Ekbang Hasan Heri Rambe, Kepala Dinas Perhubungan Tuahta R Saragih, Kadis Kominfo Labuhanbatu Muhammad Ihsan Harahap, Bappeda dan Kabag Hukum Setdakab Labuhanbatu dan dari pihak PTPN3 yang hadir GM DLAB 3 RM Mulianta, pj Manager KRPPT Gunawan Bahri, pj Manager Aek Nabara Utara Seno Aji, Askep Kanas Yusman dan Kabid Umum DLAB3 Wilson Pane.

Permintaan plt Bupati Labuhanbatu tentang kelanjutan rencana pembangunan Bandara di Aek Nabara ini tujuannya adalah untuk mempermudah transportasi udara dari Labuhanbatu ke daerah lain yang jaraknya berjauhan dan banyak memakan atau menghabiskan waktu bila dilalui jalan darat. Alasan lain bahwa di Kota Rantauprapat sekarang sudah ada kantor tempat pengurus pasport yang dapat mempercepat proses administrasi para penumpang yang hendak bepergian keluar negeri.

Disamping itu, Andi juga meminta kepada OPD terkait agar melakukan penertiban bangunan-bangunan liar yang berjualan di sepanjang jalan Kota Aek Nabara.

“Kita juga meminta agar di Simpang Jalan by Pass Aek Nabara dibuat taman dan tempat istirahat bagi para pengguna jalan, disamping itu Andi juga meminta supaya lampu jalan yang mati di sepanjang jalan by pass Aek nabara dihidupkan kembali,” kata Andi Suhaimi.

(Baca: 2019, Pengelolaan APBD Labuhanbatu Harus Transparan)

Selain di Aek Nabara, Andi Suhaimi juga meminta supaya bangunan-bangunan yang ada di bahu jalan di wilayah gapura atau pintu masuk Kota Rantauprapat dapat ditertibkan dan dibahu jalan supaya dibuat pulau jalan dan taman.

“Saya ingin Kota Rantauprapat ini lebih baik, lebih indah dan lebih asri serta cantik dipandang mata ketika memasuki Kota Rantauprapat,” katanya.

(Baca: 10 Puskesmas di Labuhanbatu Telah Dilengkapi Layanan Berbasis Teknologi Informasi)

Menanggapi rencana Plt Bupati Labuhanbatu, Kepala Dinas Perhubungan Labuhanbatu Tuahta R Saragih mengatakan, secara teknis pembangunan bandara jauh sebelumnya sudah direncanakan sejak awal, tinggal pembebasan lahan dari PTPN 3 sekitar 180 Ha yang belum terealisasi.

(Baca: Ini Harapan Pemilik Boat Labuhanbatu Untuk Keselamatan Penumpang..)

Tuahta juga mengemukakan bahwa pola yang ditawarkan kepada pihak PTPN 3 dalam rencana pembangunan bandara tersebut yaitu dalam bentuk kerjasama. Kerjasama dimaksud yaitu, pihak PTPN 3 yang menyediakan lahan, Pemkab Labuhanbatu yang membangun.

Terkait rencana Pemkab Labuhanbatu yang ingin membangun bandara di Aek Nabara, Kecamatan Bilah Hulu, pada prinsipnya pihak PTPN 3 juga sangat setuju dan akan membicarakan rencana itu dengan pihak direksi.

Share this: