Saatnya Tak Bergantung Pada Komoditas Perkebunan, Ada Lele

Share this:
OEN HASIBUAN-BMG
Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi bersama Sekda Labuhanbatu Ahmad Muflih, Asisten Adm Pembangunan & Kesra, Pimpinan PT Bank Sumut Cabang Rantauprapat dan sejumlah Kepala OPD serta Camat, usai panen raya ikan lele di Desa Pematang Seleng, Kecamatan Bilah Hulu, Kamis (6/12/2018) sore.

LABUHANBATU, BENTENGASAHAN.com– Sektor perkebunan saat ini kurang bergairah. Saat ini, harga kelapa sawit dan karet anjlok. Tidak bisa lagi bergantung pada komoditas perkebunan. Maka dari itu, sektor perikanan dengan budidaya ikan lelenya jadi alternatif yang dapat mendongkrak perekonomian masyarakat Labuhanbatu.

“Saat ini, kita tidak dapat bergantung pada komoditas perkebunan, seperti yang kita ketahui bersama, harga kelapa sawit dan karet sangat menurun. Tapi, dengan adanya budidaya ikan lele ini dapat memberikan penghasilan yang menguntungkan dibanding dengan perkebunan,” kata pelaksana tugas (plt) Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe, saat menghadiri panen raya ikan lele probiotik, di Desa Pematang Seleng, Kecamatan Bilah Hulu, Kamis (6/12/2018) sore.

Andi Suhaimi menegaskan, ia akan terus membantu dan memberikan perhatian khusus bagi kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) yang ada. Selama ini, banyak kelompok tani tetapi sebagian hanya tinggal nama.

(Baca: Ingat! Harga Eceran Tertinggi Elpiji 3 Kg di Rantauprapat Rp16 Ribu per Tabung)

(Baca: Elpiji 3 Kg Diperuntukkan Bagi Masyarakat Yang Berhak, ASN Tidak Boleh)

Ia juga mengaku telah mendengar keluhan Julianto, pembudidaya ikan yang menginginkan mesin pembuat pakan ikan.

“Saya mau 2019, mesin tersebut sudah harus diterima kelompok Barokah di Pematang Seleng,” tegas Andi Suhaimi.

(Baca: Enam ‘Titah’ Bupati Atasi Kelangkaan Elpiji 3 Kg, Poin 4 Wajib Anda Ketahui)

(Baca: Inovasi Luar Biasa Ikan Lele Probiotik di Bilah Hulu, Target 2 Ton per Hari)

Menurut Andi, budidaya Ikan Probiotik merupakan langkah yang baik bagi Kabupaten Labuhanbatu. Andi juga menyampaikan bahwa Pemkab Labuhanbatu memiliki mitra Bank Sumut yang dapat memberikan fasilitas bantuan modal bagi petani ikan lele untuk mengembangkan usahanya.

“Semoga apa yang dilakukan bapak Julianto menjadi cambukan bagi kita semua masyarakat dan pemerintah, untuk terus menghasilkan inovasi-inovasi yang baru untuk menuju Labuhanbatu yang baik. Selanjutnya, kita tidak perlu lagi memasok lele dari daerah luar,” kata Andi Suhaimi.

Share this: