Upaya Mengembalikan Kejayaan Kota Tanjungbalai Sebagai Kota Dollar

Share this:
TIUS SIAGIAN-BMG
Walikota HM Syahrial memimpin rapat pembahasan penyusunan kajian potensi Kota Tanjungbalai, bertempat di Aula II Kantor Walikota Tanjungbalai, Selasa (2/10/2018).

TANJUNGBALAI, BENTENGASAHAN.com– Walikota Tanjungbalai HM Syahrial menegaskan bahwa kajian ekonomi yang dilakukan Tim Pengkaji dari Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, harus mampu meningkatkan kondisi perekonomian masyarakat Kota Tanjungbalai menjadi lebih baik. Harapan tersebut disampaikan Walikota saat menghadiri Rapat Pembahasan Penyusunan Kajian Potensi Kota Tanjungbalai Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Tanjungbalai di Aula II Kantor Walikota Tanjungbalai, Selasa (2/10/2018).

“Kerjasama yang telah dilakukan oleh Pemko Tanjungbalai dengan Tim Pengkaji dari Universitas Sumatera Utara (USU) Medan harus mampu mengangkat atau meningkatkan kondisi perekonomian masyarakat di Kota Tanjungbalai dari keterpurukan. Sehingga, apa yang menjadi visi dan misi Pemko Tanjungbalai yakni mewujudkan Tanjungbalai ‘BERSIH’ atau Berprestasi, Religius, Sejahtera, Indah dan Harmonis dapat segera tercapai,” ujar Walikota Syahrial.

Diinformasikan bahwa Rapat Pembahasan Penyusunan Kajian Potensi Kota Tanjungbalai Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Tanjungbalai yang dilaksanakan di Aula II Kantor Walikota Tanjungbalai tersebut dipimpin oleh Wakil Walikota Tanjungbalai Ismail. Adapun tujuan dilaksanakannya rapat tersebut adalah persiapan untuk membentuk Tim Kajian Selat Malaka Sumatera Utara yang merupakan kerjasama antara Pemko Tanjungbalai, unsur Forkopimda Tanjungbalai, dan Tim Kajian dari Universitas Sumatera Utara (USU), Medan.

Walikota berharap, rapat pembahasan tersebut berjalan lancar sesuai harapan dengan tujuan yang sama yakni mewujudkan Kota Tanjungbalai menjadi kota perdagangan dan jasa yang maju, sehingga hasilnya akan dapat dirasakan oleh masyarakat.

Turut hadir dalam rapat pembahasan tersebut antara lain; Wakil Ketua DPRD Leiden Butarbutar, unsur Forkopimda, Kepala Bea dan Cukai M Syahrul Alim, GM PT Pelindo–I Cabang Tanjungbalai Aulia Rahman, Tim Kajian dari Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, Asisten Pemerintahan Nurmalini Marpaung, dan para pimpinan OPD se-Pemko Tanjungbalai.

Ketua Pusat Tim Kajian Selat Malaka Sumatera Utara Dr Ridwan Hanafiah SH MA mengatakan bahwa Universitas Sumatera Utara dengan Pemko Tanjungbalai telah sepakat melakukan kerjasama untuk menggali Potensi Ekonomi yang ada dan akan dikembangkan di Kota Tanjungbalai. Selanjutnya, riset atau penelitian yang nantinya akan dilakukan difokuskan pada sektor ekonomi dan lingkungan hidup, sosial budaya, hukum, politik, dan kebijakan maritim.

“Nantinya usai pertemuan ini, tim kajian akan meminta data serta melihat langsung ke instansi terkait untuk menyusun laporan kajian yang akan diseminarkan paling tidak sekali di Pemko Tanjungbalai dan kemudian akan menjadi direkomendasikan ke Pemerintah Pusat di Jakarta. Sehingga, pemerintah pusat mengetahui bahwa Kota Tanjungbalai ini memiki potensi yang baik untuk dapat ditingkatkan seperti sumber daya masyarakat yang masih perlu ditingkatkan.

(Baca: Syahrial Gandeng USU Genjot Perekonomian Tanjungbalai)

Hal itu dapat dilakukan dengan training/pelatihan bagi anak-anak muda, sehingga anak-anak muda di Kota Tanjungbalai ini dapat melakukan usaha-usaha positip yang tujuannya adalah peningkatan kesejahteraan. Karena, peningkatan sumber daya masyarakat adalah tanggungjawab bersama, bukan hanya tanggung jawab dari akademisi khususnya USU sebagai lembaga pendidikan tinggi,” ujar Ridwan Hanafiah.

Wakil Ketua DPRD Kota Tanjungbalai Leiden Butarbutar dalam kata sambutannya mengatakan, menyambut baik rencana pembentukan Tim Kajian Selat Malaka Sumatera Utara tersebut. Ia berharap, lewat tim kajian tersebut diharapkan dapat mengembalikan kejayaan dari Kota Tanjungbalai sebagai kota dollar.

(Baca: Diguyur Hujan Dua Jam, Kegiatan Ekonomi di Kota Tanjungbalai Nyaris Lumpuh)

Demikian juga dengan Wakil Walikota Tanjungbalai Ismail, sangat mendukung pembentukan Tim Kajian Selat Malaka Sumatera Utara yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Kota Tanjungbalai. Menurutnya, kunci utama dari suksesnya suatu pembangunan sekaligus untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat adalah komitmen bersama oleh semua pihak dan masyarakat untuk mewujudkan Kota Tanjungbalai yang Maju dan Sejahtera.

Share this: