Ini Makna Gelar Tuanku Sri Indra Utama Junjungan Negeri Yang Disematkan ke Jokowi

Share this:
TIUS SIAGIAN-BMG
Walikota Tanjungbalai HM Syahrial (paling kiri) saat menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Majelis Adat Budaya Melayu (MABMI) yang secara resmi dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo di Hotel Adi Mulia, Medan, Minggu (7/10/2018).

TANJUNGBALAI, BENTENGASAHAN.com– Walikota Tanjungbalai HM Syahrial hadir dalam acara penganugerahan gelar Tuanku Sri Indra Utama Junjungan Negeri kepada Presiden RI Joko Widodo oleh Sultan Deli Seripaduka Baginda Tuanku Sultan Mahmud Arya Lamantjiji Perkasa Alam di Istana Maimun, Medan, Minggu (7/10/2018).

Menurut walikota, prosesi penganugerahan gelar yang dipimpin oleh Sultan Deli Seripaduka Baginda Tuanku Sultan Mahmud Arya Lamantjiji Perkasa Alam tersebut berlangsung khidmat. Prosesi diawali dengan pembacaan sinopsis Gelar Adat oleh Profesor OK Saidin yang bergelar Datuk Sri Amar Lela Cendikia. Kemudian diikuti dengan pemasangan Tengkulok oleh Pemangku Sultan Deli Tengku Hamdy Osman Delikhan Alhaj kepada Presiden RI Joko Widodo.

(Baca: Presiden Jokowi Buka Rakernas MABMI: Jangan Sampai Perbedaan Memecah Belah)

(Baca: Kisah Kesultanan Deli: Keberanian Tuanku Panglima Perunggit Memisahkan Diri dari Kerajaan Aceh (bagian 1))

“Selanjutnya, dilakukan penyematan Pin Kesultanan dan Keris oleh Sultan Deli Mahmud Arya Lamantjiji Perkasa Alam dan terakhir adalah penandatanganan Surat Ceri dan Cap Kesultanan. Dengan penganugerahan gelar tersebut, maka Presiden RI Joko Widodo telah sah menjadi kerabat baru di Kesultanan Deli serta mendapat tempat di kursi kehormatan,” ujar Walikota HM Syahrial, kepada awak media di Kota Tanjungbalai, Senin (8/10/2018).

(Baca: Kisah Kesultanan Deli: Dibantu 8 Menteri untuk Konsultasi Perang, Mengatur Pemerintahan, Mengadili Perkara Pidana (bagian-2))

(Baca: Sumur Tua Situs Sejarah Kesultanan Asahan di Sei Dadap Digali)

Pada kesempatan itu, HM Syahrial mengungkapkan bahwa penganugerahan gelar tersebut dilakukan dalam rangkaian acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Majelis Adat Budaya Melayu (MABMI) yang secara resmi dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo di Hotel Adi Mulia, Medan. Gelar Tuanku Sri Indra Utama Junjungan Negeri adalah gelar bangsawan tertinggi di Kesultanan Deli yang punya makna ‘pemimpin yang baik, pembawa angin segar ke pelosok negeri’.

Share this: