Disahkan Tanpa Laporan Pansus, Gubsu Diminta Batalkan 6 Perda Tanjungbalai

Share this:
TIUS SIAGIAN-BMG
Jaringan Sihotang, Korda ICW Kota Tanjung Balai

TANJUNGBALAI, BENTENGASAHAN.com– Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) diminta membatalkan enam Peraturan Daerah (Perda) Kota Tanjungbalai yang baru disahkan DPRD pada Kamis 13 Desember 2018 lalu. Pengesahan keenam Perda Kota Tanjungbalai tersebut dinilai telah bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2004 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan dan ketentuan lainnya karena pengesahannya tanpa diawali laporan Panitia Khusus (Pansus).

“Perintah UU Nomor 10 Tahun 2004, tahapan dalam rapat paripurna DPRD untuk pengesahan Rancangan Peraturan daerah (Ranperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda) diawali dengan laporan hasil pembahasan, kemudian pendapat akhir fraksi-fraksi, disusul pengambilan keputusan dan terakhir adalah sambutan dari kepala daerah. Akan tetapi, dalam rapat paripurna DPRD tentang pengesahan enam Perda Kota Tanjungbalai baru-baru ini, laporan hasil pembahasan oleh paniti khusus (Pansus) tidak dilakukan,” ujar Jaringan Sihotang, Koordinator Daerah (Korda) Indonesian Corruption Watch (ICW) Kota Tanjungbalai, Minggu (16/12/2018).

Salinan pidato sambutan Walikota Tanjungbalai HM Syahrial tentang Pengesahan enam Perda Kota Tanjungbalai.

Oleh karena itu, Jaringan meminta Gubernur Sumatera Utara maupun Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dapat membatalkan keenam Perda Kota Tanjungbalai tersebut. Selain bertentangan dengan undang-undang terkait, pengesahannya juga ditengarai sarat kepentingan pribadi dan atau kelompok.

BacaTanpa Laporan Pansus, 6 Ranperda Disahkan DPRD Tanjungbalai

BacaPatut Dipertanyakan, Pos Belanja Daerah Naik Drastis di APBD Tanjung Balai 2019

Menurut Jaringan, tidak adanya laporan pembahasan oleh panitia khusus adalah suatu bukti bahwa pengesahan enam Perda Kota Tanjungbalai tersebut cacat hukum. Selain itu, dari satu dari tujuh fraksi yang ada di DPRD dalam pendapat akhirnya hanya menyetujui lima Perda bukan enam termasuk sambutan dari Walikota Tanjungbalai juga hanya menyebutkan lima perda.

Share this: