Ini 6 Kelurahan Terbaik Tanjungbalai, Juaranya Ikut Lomba Tingkat Provinsi

Share this:
TIUS SIAGIAN-BMG
Kabag Pemerintahan Pemko Tanjungbalai Pahala Zulfikar saat menyampaikan laporannya dalam Acara Perlombaan Kelurahan Terbaik 2019 se-Kota Tanjungbalai, Rabu (10/4/2019).

TANJUNGBALAI, BENTENGASAHAN.com– Seleksi Lomba Kelurahan Terbaik tingkat kecamatan di Kota Tanjungbalai 2019 telah selesai diselenggarakan. Dari 31 kelurahan di Kota Tanjungbalai, enam kelurahan terbaik akan kembali bersaing untuk merebut juara pertama. Selanjutnya, juara pertama nantinya berhak mengikuti lomba di tingkat provinsi Sumatera Utara.

Keenam kelurahan terbaik itu yakni: Kelurahan Perwira, Kelurahan Sijambi, Kelurahan Selat Tanjung Medan, Kelurahan Sumber Sari, Kelurahan Pematang Pasir, dan Kelurahan Sejahtera.

“Keenamnya merupakan kelurahan terbaik dalam lomba di tingkat kecamatan se-Kota Tanjungbalai,” kata Pahala Zulfikar, Kabag Pemerintahan dan Otda Pemko Tanjungbalai, dalam laporannya, di Aula I Kantor Walikota Tanjungbalai, Rabu (10/4/2019).

Masih kata Pahala, dari enam kelurahan itu nantinya akan dipilih satu kelurahan terbaik untuk mewakili Kota Tanjungbalai mengikuti Perlombaan Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara, yang akan dilaksanakan pada Mei 2019 mendatang.

“Evaluasinya meliputi bidang pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan,” beber Pahala.

Dijelaskan, tahapan penilaian lomba kelurahan terbaik, meliputi penilaian administratif, rapat pleno penilaian administratif, klarifikasi lapangan, rapat pleno hasil klarifikasi lapangan, pemaparan calon juara dan penetapan juara. Dan khusus evaluasi bidang pemerintahan akan meliputi aspek pemerintahan, kinerja, inisiatif, dan kreatifitas dalam pemberdayaan masyarakat, pemanfataan teknologi, dan pelestarian adat dan budaya.

BacaHalmayanti Dinilai Layak dan Mampu Jabat Sekda Tanjungbalai, Kenapa Tidak Definitif?

Kemudian untuk bidang kewilayahan, meliputi identitas, batas, inovasi, tanggap, dan siaga bencana dan pengaturan investasi. Sementara evaluasi bidang kemasyarakatan, meliputi partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga, keamanan, dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kapasitas masyarakat.

Pada kesempatan itu, Pahala menuturkan, lomba kelurahan terbaik ini bertujuan untuk melakukan evaluasi dalam upaya mewujudkan kelurahan sebagai pusat pelayanan kepada masyarakat. Oleh sebab itu harus didukung sinergitas antara aparatur kelurahan, TP PKK Kelurahan, LPM Kelurahan, dan Kepala Lingkungan.

BacaBukan Hanya ASN, TNI dan Polri Juga Harus Netral

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Kota Tanjungbalai Halmayanti, dalam sambutannya mengatakan, Pemko Tanjungbalai sangat mengapresiasi dan menyambut baik pelaksanaan lomba kelurahan. Halmayanti mengungkapkan bahwa lomba kelurahan terbaik telah menjadi agenda nasional, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor: 81 tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Kelurahan.

Hadir juga dalam acara tersebut Asisten I Pemerintahan Nurmalini Marpaung, pimpinan OPD, Camat, Lurah dan Kepala Lingkungan se-Kota Tanjungbalai.

Share this: