Datuk Bandar Timur Selangkah Lagi Menuju Kecamatan Terbaik se-Sumut

Share this:
TIUS SIAGIAN-BMG
Walikota Tanjungbalai HM Syahrial, didampingi Wakil Walikota H Ismail bersama Tim Penilai Kecamatan Terbaik Provinsi Sumatra Utara untuk tahap Final, di halaman Kantor Walikota Tanjungbalai, Rabu (27/11/2019).

TANJUNGBALAI, BENTENGASAHAN.com– Tim Penilai Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara kembali turun ke Kota Tanjungbalai, Rabu (27/11/2019). Kehadiran tim ini merupakan tahap final/penentuan apakah Kecamatan Datuk Bandar Timur menjadi kecamatan terbaik se-Sumatera Utara tahun 2019 dan menjadi wakil Sumut di tingkat Nasional.

Walikota Tanjungbalai HM Syahrial, dalam sambutannya, mengatakan bahwa kunjungan Tim Penilai Final Kecamatan Terbaik tersebut merupakan kunjungan kedua setelah kunjungan sebelumnya pada Oktober 2019 lalu, di Kantor Camat Datuk Bandar Timur. Ia menuturkan, penilaian kecamatan terbaik ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kapasitas serta mendorong aktivitas pemerintahan di tingkat kecamatan.

Masih kata Syahrial, penilaian ini juga sekaligus menjadi momentum untuk melakukan pembinaan terhadap calon pimpinan pemerintahan menuju suksesnya pelaksanaan tugas-tugas pemerintah dimasa mendatang. Untuk meraih keberhasilan dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintah juga harus mendapat dukungan masyarakat agar semakin bergairah menyukseskan setiap program pembangunan di wilayahnya.

“Dan Kecamatan Datuk Bandar Timur terpilih sebagai duta dari enam kecamatan di Kota Tanjungbalai karena berhasil terpilih sebagai kecamatan terbaik untuk tingkat Kota Tanjungbalai,” ujar Syahrial.

Pada kesempatan itu, Walikota sangat mendukung penuh terpilihnya Kecamatan Datuk Bandar Timur mengikuti kompetisi Pemilihan Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2019. Ia mengatakan, semasa kepemimpinannya sebagai Walikota Tanjungbalai, Kecamatan Datuk Bandar Timur sudah banyak mendapatkan bantuan terutama dari Provinsi Sumatera Utara seperti bantuan pembangunan tanggul penahan banjir.

Namun inti dari penilaian kecamatan terbaik sambung Syahrial, adalah untuk menilai kemampuan seorang Camat dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dalam pembangunan. Selain itu, upaya menggerakkan partisipasi swadaya gotong royong dari masyarakat serta kekompakan antara aparat dan masyarakat, mulai dari tingkat kecamatan sampai ke tingkat Kelurahan juga akan turut dinilai.

BacaIstri Walikota Promosi Sirup Buah Berombang ke PTP2WKSS Sumut

Terkait hal itu, Tim Penilai Final Kecamatan Terbaik dari Provinsi Sumatera Utara yang dipimpin Ervan Gani P Siahaan menyampaikan bahwa hasil penilaian akan diserahkan kepada Gubsu melalui Sekdaprovsu. Jika nanti, Kecamatan Datuk Bandar Timur yang dapat meraih nilai tertinggi, maka Kecamatan Datuk Bandar tersebut akan menjadi kecamatan terbaik tingkat Provsu sekaligus akan mewakili Provsu ke ajang tingkat Nasional dan Internasional.

“Indikator dari penilaian kecamatan terbaik ini adalah kepedulian dan kepekaan seorang camat memanfaatkan potensi di wilayah kecamatannya. Oleh karena itu, mari kita tingkatkan lagi semua aspek yang menjadi penilaian,” ajak Ervan, yang juga menjabat Kabag Perbatasan dan Pertanahan Biro Pemerintahan Sekdaprovsu ini.

BacaMasuk Nominator Kecamatan Terbaik Provinsi 2018, Semoga Datuk Bandar Juara

Turut hadir dalam acara tersebut, antara lain Wakil Ketua DPRD Kota Tanjungbalai Syahrial Bhakti, Forkopimda Tanjungbalai, Sekretaris Daerah Yusmada, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kepala Bagian, Camat, Lurah, Kepala Lingkungan, Organisasi Pemuda, Karang Taruna, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, masyarakat serta undangan lainnya.

Share this: