Djarot: Perjuangan Syech Silau Laut Menginspirasi Generasi Muda Membangun Sumut

Share this:
ARIS-BENTENGTIMES.com
Djarot melihat kondisi rumah peninggalan Syech Silau Laut, tokoh penyiarkan agama Islam yang juga sosok yang berjasa turut membangun Kabupaten Asahan.

ASAHAN, BENTENGTIMES.com – Calon Gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat bersilaturahmi ke kediaman H Ibrahim Ali di Komplek Tuan Syech Silau Laut, Desa Silau Lama, Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan, Rabu (4/4/2018) pagi.

Untuk diketahui, H Ibrahim Ali ini adalah anak dari Tuan Syech H Muhammad Ali Silau Laut, cucu dari Tuan Syech Silau Laut Syech H Adur Rahman Silau Laut.

Setelah bersilaturahmi, Djarot Saiful Hidayat ditemani H Ibrahim Ali ziarah ke makam Syech H Adur Rahman Silau Laut. Syech Silau Laut ini diketahui wafat pada 28 Februari 1941.

Djarot Saiful Hidayat merasa bersyukur telah berziarah ke makam Syech Silau Laut. Sebagaimana diketahui bahwa Syech Silau Laut ini bukan hanya menyiarkan agama Islam, tapi juga ikut berjuang melawan penjajahan Belanda di abad ke-19.

Semasa hidupnya, Syech Silau Laut juga memiliki peran penting dalam membangun Kabupaten Asahan.

Djarot juga mengapresiasi keluarga besar H Ibrahim Ali dalam merawat rumah besar peninggalan Syech Silau Laut. Dimana rumah ini merupakan prototipe rumah-rumah di Kabupaten Asahan. Dan, di rumah itu juga sebagai tempat pengajian-pengajian syiar Islam. Kemudian, di halaman rumah yang luas sebagai tempat latihan silat.

Djarot mengatakan, sosok Syech Silau Laut menjadi inspirasi baginya dalam membangun Sumatera Utara.

Djarot ziarah ke Makam Syech Silau Laut, tokoh penyiarkan agama Islam yang juga sosok yang berjasa turut membangun Kabupaten Asahan.

“Sebagai generasi muda, kita patut bersyukur dan akan menjadikan sosok Syech Silau Laut sebagai inspirasi melanjutkan pembangunan di Sumatera Utara,” tutur Djarot Saiful Hidayat di komplek Makam Syech Silau Laut.

Pada kesempatan itu, Djarot akan berupaya melestarikan Komplek Tuan Syech Silau Laut, Desa Silau Lama, Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan, dengan menjadikannya sebagai cagar budaya.

Sehingga perawatan dan pemeliharaan seluruh peninggalan Syech Silau Laut menjadi tanggung jawab pemerintah dan dapat menjamin kelestariannya. Kemudian, generasi dapat melihat dan mengetahui bagaimana syiar Islam dan perjuangan Syech Silau Laut di Kabupaten Asahan.

Diketahui bahwa Ustad Abdul Somad adalah cicit dari Syech Silau Laut. Ustad Abdul Somad tiap tahunnya selalu menyempatkan waktu datang dan ziarah ke komplek Syech Silau Laut.

Share this: