11 Rumah di Pulo Bandring Asahan Rusak Diterjang Puting Beliung

Share this:
BMG
Salahseorang warga gotong royong bersama Petugas BPBD Asahan memperbaiki atap rumahnya yang terangkat akibat puting beliung di kawasan Desa Suka Makmur, Kecamatan Pulo Bandring, Asahan, Sabtu (15/6/2019).

PULO BANDRING, BENTENGASAHAN.com– Belasan rumah di lima dusun, Desa Suka Makmur, Kecamatan Pulo Bandring, Kabupaten Asahan, mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon dan tertiup angin puting beliung, Jumat (14/6/2019) sore. Tidak ada korban jiwa, kerugian materil diperkiran Rp106 juta.

Informasi diperoleh, kejadian itu berawal saat hujan disertai angin kencang yang berlangsung sekitar satu jam melanda, sekitar pukul 17.10 WIB. Selain belasan rumah warga, kandang ternak juga dilaporkan mengalami kerusakan.

Khaidir Sinaga, Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Asahan, menuturkan, setelah dilakukan pendataan diketahui dampak dari peristiwa puting beliung tersebut sebanyak 11 rumah dan dua kandang ternak mengalami kerusakan.

“Peristiwa puting beliung kemarin membuat tiga rumah rusak sedang, delapan rumah rusak ringan, dan masing-masing kandang ternah mengalami rusak berat dan rusak sedang,” beber Khaidir, Sabtu (15/6/2019).

BacaHujan Lebat Berpotensi Terjadi di Labuhanbatu, Asahan, Tanjungbalai dan Batubara

BacaDiguyur Hujan Dua Jam, Kegiatan Ekonomi di Kota Tanjungbalai Nyaris Lumpuh

Selain itu, peristiwa alam tersebut membuat puluhan tanaman yang berada di sekitar lokasi tumbang, serta terputusnya aliran listrik PLN melanda empat titik lokasi.

Sehingga sempat membuat aktifitas warga yang rumahnya terdampak sempat terganggu.

“Korban nihil, hanya saja kerugian material akibat bencana tersebut ditaksir mencapai Rp106 juta,” ujarnya.

BacaPuting Beliung Melanda Kota Medan, 63 Rumah Rusak

Baca18 Rumah di Tanah Karo Rusak Dihantam Puting Beliung

Tim dari BPBD Asahan telah selesai mengevakuasi dan membersihkan pohonyang tumbang dan menimpa bangunan milik warga.

“Kami sudah menyerahkan bantuan logistik untuk pemenuhan kebutuhan dasar kepada korban yang terdampak. Dan kondisi di lokasi kini sudah aman terkendali. Warga yang rumahnya rusak juga bisa menempati tempat tinggalnya masing-masing,” sebutnya.

Share this: