Jelang Keberangkatan Jamaah Haji, Kemenag Terbitkan 15 Ribu Visa

Share this:
BMG
Petugas Kemenag sedang mempercepat penerbitan visa.

JAKARTA, BENTENGASAHAN.com– Menjelang keberangkatan jamaah haji kloter pertama, Kementerian Agama (Kemenag) semakin disibukkan segala persiapan akhir. Mulai mengurus visa jamaah, katering, hingga finalisasi akomodasi dan transportasi di Arab Saudi.

Kasubdit Dokumen Haji Kemenag Nasrullah Jassam menyebutkan, hingga kini ada lebih dari 145 ribu paspor yang visanya mulai diproses. Untuk jamaah yang akan berangkat pada kloter awal, visa mereka sudah diajukan ke Kedutaan Besar Arab Saudi. Hingga kemarin, sudah lebih dari 2 ribu visa milik jamaah haji yang beres.

“Tentu, jumlahnya akan terus bertambah setiap hari,” ucap Nasrullah.

Tahapan penerbitan visa dimulai dengan verifikasi dokumen. Setelah itu, dilakukan permohonan visa dan grouping kloter. Hingga kemarin, sudah lebih dari 120 ribu jamaah atau sekitar 280 kloter yang di-grouping.

Mengenai proses pengurusan visa diharapkan tuntas sebelum jadwal keberangkatan jamaah haji. Kemenag optimistis proses visa bisa selesai sesuai jadwal. Sebab, Kedubes Arab Saudi bisa memproses 10-15 ribu visa dalam sehari.

Kemenag juga berharap kanwil Kemenag provinsi segera mengirim berkas visa. Sebab, Kemenag telah menerbitkan surat edaran pengiriman visa tersebut pada Desember tahun lalu.

 

Share this: