Pulau Salah Nama, Eksotisme Pulau Terluar Sumatera Utara

Share this:
Istimewa
Pulau Salah Nama, Batubara, Sumatera Utara

BATUBARA, BENTENGASAHAN.com – Kita suda pasti tahu jika di Sumatera Utara itu memiliki banyak objek wisata, mulai dari keindahan danau terbesar, hutan, pulau terluar hingga keindahan bawah laut. Pulau Salah Namo (Pulau Salah Nama) merupakan pulau terluar di Kabupaten Batubara yang memberikan keindahan yang eksotis.

Pulau Salah Nama berbatas dengan Pulau Berhala, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Selain keindahan alam bawah laut, pulau ini dikelilingi batu merah hingga ke dinding-dinding bukit. Walaupun sebagian terendam air, warna-warna batu-batu di sekitar pulau ini tetap merah dan mengkilap.

Mengunjungi Pulau Salah Nama, dapat menaiki perahu bermotor dari dermaga Tanjung Tiram. Waktu tempuh dari dermaga menuju pulau tersebut lebih kurang memakan waktu satu jam. Soal transportasi tidak perlu khwatir, karena ada boat nelayan yang selalu setia menanti para penumpangnya di dermaga Pelabuhan Tanjung Tiram.

Di Pulau Salah Nama sudah berdiri tegak tower telekomunikasi yang pastinya tidak akan mengalami kesulitan untuk berkomunikasi keluar pulau ini, di puncak bukit yang dihuni berbagai jenis satwa.

Pada malam, pemandangan dari kilauan lampu perahu nelayan yang menangkap sotong dan cumi-cumi, membuat suasana kian asyik. Berjalan menaiki puncak bukit di Pulau Salah Nama ini, terlihat pemandangan yang luar biasa.

Terik matahari tidak terasa, karena wisatawan dapat berteduh di bawah rimbunnya pepohonan.

Asal usul nama “Pulau Salah Nama” sangat unik, awalnya dinamai dengan organ seksual perempuan, karena pulau itu bentuknya sepeti klitoris. Namun, belakangan masyarakat nelayan menyadarinya, dan mengganti nama pulau itu dengan “Pulau Salah Nama”.

Share this: