Batik Kito Tembus Lapas Kelas IIB Pulau Simardan 

Share this:
TIUS SIAGIAN-BMG
Ketua TP PKK yang juga Ketua Dekranasda Kota Tanjungbalai Ny Hj Sri Silvisa Novita Muhammad Syahrial saat memberikan pembinaan kepada warga binaan di Lapas Pulau Simardan, Kota Tanjungbalai, Jumat (26/10/2018).

TANJUNGBALAI, BENTENGASAHAN.com– Usaha kerajinan tangan Batik Kito yang dikelola Dekranasda Kota Tanjungbalai akhirnya mengembangkan sayap dengan memasuki Lapas Kelas IIB Pulau Simardan, Kota Tanjungbalai. Hal itu ditandai dengan kedatangan Ketua Dekranasda Kota Tanjungbalai Ny Hj Sri Silvisa Novita Muhammad Syahrial ke Lapas Kelas IIB Pulau Simardan, Kota Tanjungbalai, Jumat (26/10/2018).

Kedatangan didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Darul Yana Siregar, Kabid Perindustrian pada Perdagangan dan Perindustrian Irmalinda Siahaan, dan seluruh Pengurus TP PKK Kota Tanjungbalai. Kedatangan rombongan TP PKK Kota Tanjungbalai ini diterima langsung oleh Kepala Rutan Kelas IIB Pulau Simardan Jayanta dan jajarannya.

Dalam kesempatan itu, Sri Silvisa Novita juga memberikan pelatihan dan pembinaan keterampilan mandiri membatik serta kerajinan kulit kerang kepada warga binaan di Lapas Kelas IIB Pulau Simardan, Kota Tanjungbalai tersebut.

Menurut Sri Silvisa Novita, tujuan dari kegiatan tersebut adalah memberikan keterampilan mandiri kepada warga binaan baik perempuan dan laki-laki sebagai modal untuk membuka usaha saat kembali bersama keluarganya. Ia berharap, kegiatan tersebut dapat terus berkelanjutan serta benar-benar memberikan manfaat bagi seluruh warga binaan di Lapas Kelas IIB Pulau Simardan tersebut.

(Baca: Walikota Tanjungbalai: Kalau Ada Warga yang Mencurigakan, Segera Lapor!)

(Baca: Dua Kali Kecewa Pada Walikota Tanjungbalai, Guru: Jika Tidak Dipenuhi, Kami Mogok..)

“TP PKK dan Dekranasda telah banyak melakukan pelatihan keterampilan bagi masyarakat yang memerlukan pekerjaan. Kedepan ini, kita juga berharap agar seluruh warga binaan di Lapas Pulau Simardan ini dapat menjadi salah satu sasaran kegiatan yang kami lakukan,” ujarnya.

Sri Silvisa Novita juga berharap, agar ke-40 orang warga binaan Lapas Pulau Simardan tersebut, baik perempuan dan laki-laki dapat mengikuti pelatihan membatik dan keterampilan kerajinan kulit kerang tersebut sampai mahir. Sehingga, setelah mengikuti pelatihan dapat membuka usaha sendiri setelah keluar usai menjalani masa hukuman dari Lapas Pulau Simardan.

(Baca: Dua Pegawainya Terlibat Narkoba, Begini Respon Walikota Tanjungbalai)

(Baca: Begini Reaksi Walikota Tanjungbalai Terkait Oknum PNS Cakar Polantas)

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIB Pulau Simardan Jayanta mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi Tim Penggerak PKK serta rombongan yang telah memberikan ilmu kepada warga binaan di Lapas Pulau Simardan tersebut. Jayanta berharap, dengan adanya pelatihan ini bisa untuk memberikan ilmu dan bekal bagi warga binaan dan dapat dipraktikkan usai menjalani masa tahanan.

“Pelatihan keterampilan ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh TP PKK dan Dekranasda Kota Tanjungbalai kepada warga Binaan di Lapas Pulau Simardan ini. Semoga hal seperti ini dapat terus terlaksana dan berkelanjutan,” ujar Jayanta.

Share this: