Jelang Pemilu 2019, ASN Tanjungbalai Deklarasi Tolak Hoax dan Ujaran Kebencian

Share this:
TIUS SIAGIAN-BMG
ASN lingkungan Pemko Tanjungbalai mendeklarasikan netralitas serta menolak hoax dan ujaran kebencian di hadapan Walikota HM Syahrial, Senin (11/3/2019).

TANJUNGBALAI, BENTENGASAHAN.com– Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungbalai melakukan deklarasi senantiasa menjunjung tinggi netralitas serta menolak berita hoax dan ujaran kebencian menjelang pemilihan umum (Pemilu) pada 17 April 2019.

Di hadapan Walikota Tanjungbalai HM Syahrial, deklarasi dipimpin Kepala Dinas Kominfo Walman Girsang, dilaksanakan saat apel gabungan di halaman Kantor Walikota Tanjungbalai, Senin (11/3/2018). Dengan pembacaan komitmen oleh Walman Girsang, seluruh ASN Pemko Tanjungbalai ini menyatakan, tidak akan memihak kepada salah satu pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres), calon legislatif maupun partai politik dalam Pemilu 17 April 2019.

Setidaknya, ada empat poin komitmen yang dibacakan dan disampaikan dalam deklarasi tersebut. Pertama, setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 serta senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan negara.

BacaBukan Hanya ASN, TNI dan Polri Juga Harus Netral

Kedua, melaksanakan dan mendukung sepenuhnya pemilihan umum Tahun 2019 yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Ketiga, berperan aktif dalam melaksanakan dan menjaga Pemilu Damai Tahun 2019, dengan menciptakan keamanan, ketertiban dan kedamaian di tengah masyarakat di Kota Tanjungbalai. Keempat, menjunjung tinggi dan tegaknya demokrasi dan menghindari hoax dan ujaran kebencian.

BacaTerindikasi Korupsi Tapi Mencalon, Kredibilitas Eks Anggota DPRD Tanjungbalai Diragukan

Dalam sambutannya, Walikota Tanjungbalai HM Syahrial mengimbau kepada seluruh ASN agar tidak terlibat dalam acara partai politik (parpol). Sehingga, pemilu yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019 mendatang dapat berjalan aman, lancar, dan sukses.

“Saya juga tidak akan memanfaatkan jabatan saya untuk memobilasasi ASN untuk kepentingan politik. Sikap netral dari seluruh ASN harus tetap dijunjung tinggi dan dihormati oleh semua pihak,” tegas Syahrial, yang juga ketua dari salah satu partai politik di Kota Tanjungbalai ini.

Share this: