Sejak Selesai Dibangun, WTP-6 Belum Juga Berfungsi, Ada Apa?

Share this:
TIUS SIAGIAN-BMG
WTP-6 atau IPA Kapasitas 50 Lpd SPAM IKK di Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai. Sejak selesai dibangun pada 2019, hingga kini belum dioperasikan.

TANJUNGBALAI, BENTENGASAHAN.com– Water Treatment Plant (WTP)-6 atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kapasitas 50 Lpd SPAM IKK Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai teleh selesai pembangunannya pada tahun 2019 lalu. Namun sampai saat ini, belum juga berfungsi.

Rencananya, WTP-6 atau IPA Kapasitas 50 Lpd SPAM IKK Datuk Bandar, itu yang dibangun oleh Kementerian PUPR Dirjend Cipta Karya Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara, akan dihibahkan ke Pemko Tanjungbalai. Akan tetapi, sejak selesai dibangun, terhadap WTP-6 atau IPA Kapasitas 50 Lpd SPAM IKK Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai itu belum juga dilakukan commissioning (COMM) atau pengujian operasional.

“Pengadaan WTP-6 tersebut sebenarnya adalah jawaban atas permohonan kita yang sudah lama kita ajukan guna membantu produksi air bersih dari PDAM Tirta Kualo, Kota Tanjungbalai. Akan tetapi, karena sampai saat ini, WTP-6 tersebut belum lagi diserahkan ke PDAM Tirta Kualo, Kota Tanjungbalai, sehingga kita belum mengetahui bagaimana kondisinya sekarang ini,” ujar Zuhdi Gobel, Direktur PDAM Tirta Kualo, Kota Tanjungbalai, kepada BENTENG ASAHAN, Senin (10/2/2020).

Dengan alasan belum ada penyerahannya ke PDAM Tirta Kualo Kota Tanjungbalai, Zuhdi Gobel menolak berkomentar terkait dengan tidak dilakukannya uji coba atau commissioning terhadap WTP-6.

BacaPelanggan PDAM Tirta Kualo Yang Nakal Siap-siap Cabut Meteran

Demikian juga dengan Yusmada Siahaan, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungbalai yang dihubungi melalui selularnya, menolak untuk berkomentar.

“Silahkan konfirmasi ke Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kota Tanjungbalai,” jawab Yusmada Siahaan singkat saat diminta tanggapannya soal status dari WTP-6 atau IPA Kapasitas 50 Lpd SPAM IKK Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai tersebut.

BacaTernyata, Intake WTP-6 Pante Olang Tanjungbalai Dibangun di Atas DAS Lho

Sementara, Edy Surya, plt Kepala Dinas Perkim Kota Tanjungbalai yang coba dihubungi melalui selularnya untuk dikonfirmasi tidak ada jawaban.

Untuk diketahui, WTP-6 dibangun di Pante Olang, Kelurahan Sijambi, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai. Dananya bersumber dari APBN Tahun 2019, sebesar Rp13,7 miliar.

Share this: