Kapolda Martuani: Covid-19 Tidak Pandang Jabatan, Usia, Pakai Maskermu!

Share this:
TIUS SIAGIAN-BMG
Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin saat memberikan arahan terkait Instruksi Presiden RI Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penanganan covid-19 di Mako Polres Tanjungbalai, Kamis (3/9/2020).

TANJUNGBALAI, BENTENGASAHAN.com– Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Martuani Sormin mengingatkan, jangan mengganggap sepele coronavirus disease 2019 (covid-19). Covid-19 merupakan ancaman nyata. Dia mengatakan, anggota Polri, TNI telah banyak yang terkena virus mematikan itu.

“Covid-19 tidak memandang pangkat, jabatan, dan usia serta status pekerjaan. Oleh sebab itu, jangan lupa pakai masker,” imbau Martuani Sormin, dalam Acara Ramah Tamah di Mako Polres Tanjungbalai, Kamis (3/9/2020).

Martuani menyebutkan, Sumatera Utara berada di peringkat 7 se Indonesia dalam penyebaran virus corona atau covid-19 dengan jumlah korban sebanyak 1.700 orang.

“Hal itu membuktikan bahwa covid-19 benar-benar ada di antara kita. Jadi, sangat diharapkan kesadaran dari masyarakat untuk peduli terhadap ancaman dari covid-19 ini,” ujar Martuani.

Oleh karena itu, dia menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya ke Kota Tanjungbalai adalah dalam rangka sosialisasi Instruksi Presiden RI Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penanganan covid-19 sekaligus melakukan peninjauan terhadap kepatuhan melaksanakan protokol kesehatan.

“Jadi, kunjungan saya ini tidak ada kaitan dengan kontestasi politik yang saat ini sedang berlangsung,” kata Martuani.

Martuani mengingatkan, setiap anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa harus mampu menjelaskan kepada masyarakat tentang covid-19 serta memberikan pemahaman dengan bahasa yang mudah dimengerti, agar masyarakat mau melaksanakan Intruksi Presiden, menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Berdasarkan Inpres Nomor 6 Tahun 2020 tentang Penanganan Covid-19, maka seluruh personel jangan mengganggap sepele dengan covid-19, karena covid-19 merupakan ancaman nyata dan telah banyak anggota Polri, TNI yang terkena covid-19,” imbuhnya.

Maka, soliditas TNI-Polri harus terus dijaga, walaupun tugas pokok dan fungsi berbeda, namun TNI-Polri memiliki tujuan yang sama yaitu menjaga keutuhan, ketertiban, dan keamanan NKRI,” tegas Martuani Sormin.

Selain itu, lanjutnya, terkait ketahanan pangan, harus menjalin kerjasama dengan pemerintah dalam mendorong masyarakat untuk memanfaatkan lahan yang dimiliki agar ditanamin berbagai tumbuhan yang dapat mendukung ketahanan pangan di tengah-tengah masyarakat, karena dampak dari covid -19 akan sangat memengaruhi stabilitas perekonomian.

Usai mengikuti acara ramah tamah di Polres Tanjungbalai, Kapoldasu didampingi Ibu Ketua Bhayangkari Sumut Ny Risma Martuani Sormin melakukan penaburan 40.000 ekor benih ikan (Gurami, Patin, dan Nila) bersama dengan PJU Polda Sumut dan Forkopimda Kota Tanjungbalai di tangkahan persis di belakang Mako Polres Tanjungbalai yakni Sungai Duo, Kelurahan Perwira, Kecamatan Tanjungbalai Selatan, Kota Tanjungbalai.

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin melakukan tabur benih ikan di Sungai Duo, Kelurahan Perwira, Kecamatan Tanjungbalai Selatan, Kota Tanjungbalai, Kamis (3/9/2020).

BacaKapolda Sumut: Beda Pilihan Itu Boleh, Jangan Sampai Berantam

Kemudian dilanjutkan dengan peresmian dan penandatanganan prasasti Klinik Kesehatan Polres Tanjungbalai serta pengecekan Kampung Tangguh Sijambi, Kota Tanjungbalai dan terakhir Pendisiplinan Protokol Kesehatan di Jalan Mangga, Kelurahan Sijambi, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai.

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin melakukan penandatangan prasasti Klinik Kesehatan Polres Tanjungbalai, Kamis (3/9/2020).

Hadir dalam acara tersebut Walikota Tanjungbalai HM Syahrial, Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha Prawira, beserta Ketua Bhayangkari Cabang Tanjungbalai Ny Dita Yudha Prawira, beserta Ketua Penggerak PKK Ny Hj Sri Silvisa M Syahrial, Wakapolres Tanjungbalai Kompol Jumanto, beserta Wakil Ketua Bhayangkari Tanjungbalai Ny Sofia Jumanto, Dan Lanal TBA Letkol Laut (P) Dafris.

BacaPencegahan Dini Bahaya Tsunami, Polda Sumut Tanam 280.000 Pohon Mangrove

Hadir juga Dandim 0208/AS Letkol (Inf) Sri Marantika Beruh, Kepala Kantor Bea dan Cukai Tanjungbalai-Asahan I Wayan Sapta Dharma, Ketua DPRD Kota Tanjungbalai Tengku Eswin, PJU Polres Tanjungbalai, para kasat dan kapolsek, personel TNI AD/AL, dan Polres Tanjungbalai dan seluruh pengurus cabang Bhayangkari Tanjungbalai.

Share this: