Target Tahun Depan, Tidak Ada Lagi Yang Teriak Harga Cabai Mahal

Share this:
IGNATIUS SIAGIAN-BMG
Kepala Bank Indonesia (BI) Pematang Siantar, Tengku Munandar membagikan bibit cabai merah secara simbolis kepada warga di Kota Tanjungbalai, Jumat (24/11/2022).

TANJUNGBALAI, BENTENGASAHAN.com– Untuk mengendalikan laju inflasi, terkhusus di bidang pangan, pemerintah telah menggalakkan gerakan menanam cabai dan tanaman pangan lainnya.

Dalam gerakan ini, setiap rumah diharapkan menanam minimal lima tanaman cabai di pekarangan bersama tanaman kebutuhan pokok lain, seperti cabai rawit dan sayur-sayuran.

Dalam rangka mendukung program pemerintah itu, sebagai Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah di delapan daerah tingkat dua di Sumatera Utara, salah satunya adalah Kota Tanjung Balai, Bank Indonesia (BI) Pematang Siantar turut membagi-bagikan secara gratis bibit cabai merah dan bibit tanaman pangan lainnya.

“Bila setiap rumah sudah membudidayakan cabai dan tanaman pangan lainnya di pekarangan rumah maupun lahan-lahan kosong di sekitar rumah, maka tahun depan tidak ada lagi masyarakat yang teriak-teriak harga cabai dan bahan pangan mahal,” kata Kepala Bank Indonesia (BI) Pematang Siantar, Tengku Munandar, saat membagikan bibit cabai merah secara gratis kepada warga di Kota Tanjung Balai, Jumat (24/11/2022).

Walikota Waris Thalib ikut serta membagikan bibit cabai ke warga bertempat di halaman Kantor Camat Datuk Bandar, Kota Tanjung Balai, Jumat (24/11/2022).

Amatan media, turut hadir dalam pencanangan Gerakan Tanam (Gertam) Cabai, Walikota Waris Thalib, Kapolres, Dan Lanal Tanjungbalai Asahan, mewakili Dandim 0208/Asahan, Danki Brimob Tanjung Balai, para kepala OPD, Kepala BPS Tanjung Balai, Camat dan Lurah se-Kota Tanjung Balai.

BacaJokowi Ajak Bupati Walikota Menanam: Ciptakan Kemandirian Pangan, Penuhi Asupan Gizi!

BacaBertahun-tahun Gas LPG Jatah Masyarakat Miskin Dijual di Atas HET, Pemko Tanjungbalai Tutup Mata

Sebanyak 7.700 pokok bibit cabai merah dibagikan secara gratis kepada warga di Kota Tanjung Balai. Selain bibit cabai merah, turut diserahkan 3.500 pokok bibit cabai rawit, 770 pokok bibit sawi hijau, dan 770 pokok bibit tomat.

Penyerahan bibit tanaman hortikultura tersebut dilaksanakan di halaman Kantor Camat Datuk Bandar, Kota Tanjung Balai.

Dan Lanal Tanjungbalai Asahan Letkol Laut (P) Aan Prana Tuah Sebayang membagikan bibit cabai ke warga bertempat di halaman Kantor Camat Datuk Bandar, Kota Tanjung Balai, Jumat (24/11/2022).

Walikota Waris menuturkan, akan mengawal distribusi bibit cabai dan tanaman pangan tersebut sampai kepada masyarakat yang berhak menerima hingga tanaman tersebut berproduksi.

“Hal itu penting dilakukan oleh dinas terkait, agar bibit tanaman pangan tersebut jangan sampai layu dan mati sebelum berproduksi akibat tidak dipelihara sebagaimana mestinya,” ujar Waris.

Kapolres Tanjungbalai AKBP Yusuf Afandi juga ikut membagikan bibit cabai ke warga bertempat di halaman Kantor Camat Datuk Bandar, Kota Tanjung Balai, Jumat (24/11/2022).

BacaAntisipasi Kenaikan Harga Pangan dan Energi, Ini ‘Titah’ Luhut ke Gubernur, Bupati, Walikota..

BacaAji Mumpung Oknum Anggota DPRD Tanjungbalai: Tunjangan Transportasi Diterima, Mobil Dinas Dipakai Juga

Dia menambahkan, banyak program yang dilakukan Pemko Tanjungbalai melalui dinas terkait untuk meningkatkan produksi dalam upaya memenuhi swasembada pangan, termasuk cabai. Di antarannya, menggalakkan Gerakan Bertanam Cabai di pekarangan, termasuk dengan memanfaatkan lahan tidur yang ada di sekitar kediaman masing-masing.

Share this: