Walikota Jajaki Kerjasama Kepelabuhanan Dengan PT Jasa Mulia Maritim

Share this:
BMG
Walikota Tanjungbalai HM Syahrial saat melakukan kunjungan ke PT Jasa Mulia Maritim di Pelabuhan Babelan-Bekasi, Jawa Barat, baru-baru ini.

TANJUNGBALAI, BENTENGASAHAN.com– Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungbalai menjajaki kerjasama dengan PT Jasa Mulia Maritim dari Pelabuhan Babelan-Bekasi, Jawa Barat, untuk mengelola potensi kepelabuhanan yang ada di Kota Tanjungbalai, terutama Pelabuhan Teluk Nibung. Langkah ini guna menggenjot sektor ekonomi sekaligus dongkrak pendapatan asli daerah (PAD).

“Pelabuhan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai berada di lokasi yang sangat strategis untuk dijadikan sebagai Pelabuhan Internasional, selain menjadi pelabuhan penumpang juga untuk pelabuhan barang eksport-import. Oleh karena itu, kita senantiasa berusaha menggali seluruh potensi-potensi kepelabuhan yang ada di Kota Tanjungbalai, terutama Pelabuhan Teluk Nibung dengan tujuan  menggenjot sektor ekonomi yang akan bermuara kepada peningkatan pendapatan daerah Kota Tanjungbalai. Dalam upaya tersebut, Pemko Tanjungbalai baru-baru ini telah menjajaki kemungkinan untuk menjalin kerjasama dengan PT Jasa Mulia Maritim, perusahaan yang punya andil dalam mengelola Pelabuhan Babelan di Bekasi, Provinsi Jawa Barat,” ujar Walikota Tanjungbalai HM Syahrial, Kamis (27/9/2018).

Menurut Walikota, pihaknya baru-baru ini telah melakukan kunjungan ke PT Jasa Mulia Maritim di Pelabuhan Babelan–Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Sampai sejauh ini, pihak PT Jasa Mulia Maritim sangat menyambut baik rencana kerjasama dengan Pemko Tanjungbalai dalam mengelola potensi Pelabuhan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai.

“Pelabuhan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai ini mempunyai potensi yang sangat besar untuk menggenjot sektor perekonomian masyarakat khususnya masyarakat di Kota Tanjungbalai. Karena, Pelabuhan Teluk Nibung ini berada di lokasi yang sangat strategis dalam melakukan hubungan transportasi laut di Indonesia bagian Barat melalui Selat Malaka,” pungkas HM Syahrial.

(Baca: Pemko Tanjungbalai Terima 316 CPNS, Ini Rincian Formasinya)

Diinformasikan juga bahwa saat Walikota melakukan kunjungan ke PT Jasa Mulia Maritim di Pelabuhan Babelan–Bekasi tersebut, turut juga GM PT Pelindo I Cabang Tanjungbalai Aulia Rahman, Asisten Pemerintahan Nurmalini Marpaung, Kabag Perekonomian Dra Darul Yana Siregar dan Direktur PD Aneka Kualo Kota Tanjungbalai Ir Muas Lubis. Kunjungan tersebut dilakukan untuk menjajaki peluang investasi dan kerjasama dalam upaya peningkatan pangsa pasar dalam bidang pelabuhan terutama Pengangkutan Penumpang dari Teluk Nibung ke Malaysia dan sebaliknya.

(Baca: Tanjungbalai Darurat Narkoba, BNN Tangkap Pemilik 31 Kilogram Sabu)

“Seperti diketahui, ada beberapa potensi yang dapat dikembangkan di Pelabuhan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai terutama sejak Pelabuhan Teluk Nibung di Revitalisasi sehingga tampak modern. Hal itu terlihat dari tersedianya sarana dan prasarana modern di pelabuhan tersebut seperti ruang tunggu penumpang yang cukup luas dan nyaman disertai dengan TV, AC dan CCTV, juga ruangan foodcourt (makanan) agar penumpang tidak merasa jenuh sebelum kapal berangkat. Pelabuhan Teluk Nibung ini juga menyediakan ruangan kantor instansi vertikal seperti Imigrasi, Karantina Kesehatan, Bea dan Cukai serta Kantor Pelayaran. Sehingga, lewat kerjasama dengan pihak swasta yang nantinya akan dijalin, diharapkan dapat menambah armada Kapal Ferry Penyebrangan dari Teluk Nibung (Tanjungbalai) – Malaysia atau sebaliknya sehingga akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Tanjungbalai,” ujar Ir Muas Lubis, Direktur PD Aneka Kualo Kota Tanjungbalai saat dihubungi terpisah.

Share this: