Syahrial Gandeng USU Genjot Perekonomian Tanjungbalai

Share this:
TIUS SIAGIAN-BMG
Walikota Tanjungbalai HM Syahrial saat menggelar pertemuan dengan Wakil Rektor III Drs Mahyuddin KM Nasution MIT PhD, bertempat di Biro Rektorat USU, di Medan, baru-baru ini.

TANJUNGBALAI, BENTENGASAHAN.com– Walikota Tanjungbalai HM Syahrial menjalin kerja sama dengan Universitas Sumatera Utara (USU) untuk melahirkan kebijakan-kebijakan pemerintah terkait peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya di bidang perdagangan, jasa serta ekspor-impor. Sehingga, pertumbuhan ekonomi di Kota Tanjungbalai akan meningkat seiring dengan terciptanya kondisi ekonomi dan iklim investasi yang menjanjikan dan tidak memberatkan masyarakat.

Demikian disampaikan Walikota Tanjungbalai HM Syahrial, usai melakukan pertemuan dengan Wakil Rektor III USU Drs Mahyuddin KM Nasution MIT PhD, bertempat di Kantor Rektorat Universitas Sumatera Utara (USU), Kamis (27/9/2018) di Medan. Walikota berharap, kerjasama tersebut nantinya akan berjalan dengan baik.

USU kata Syahrial, akan memberikan informasi dan kajian terkait perkembangan perekonomian di Kota Tanjungbalai sehingga kebijakan yang diambil senantiasa berpihak kepada perkembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) maupun mengundang investasi dalam skala besar.

Walikota juga menginformasikan bahwa kerjasama dengan USU tersebut tidak hanya sebatas kebijakan ekonomi tapi juga untuk mengkaji kebijakan pemerintah dalam penggunaan anggaran. Kajian ini dianggap penting karena terkait dengan pengelolaan dana yang efesien dan efekti serta tepat sasaran.

(Baca: Walikota Jajaki Kerjasama Kepelabuhanan Dengan PT Jasa Mulia Maritim)

(Baca: Kakao Asahan Ketiga Terbaik di Dunia)

Dalam pertemuan itu telah dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman/Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama antara Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungbalai dengan Universitas Sumatera Utara (USU) dalam pendampingan pembangunan ekonomi di bidang Perdagangan dan Jasa di Kota Tanjungbalai. Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Walikota Tanjungbalai HM Syahrial dengan Drs Mahyuddin KM Nasution MIT PhD, Wakil Rektor III Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerjasama Universitas Sumatera Utara (USU).

(Baca: Bangunan Mewah Berdiri Tegak di Bantaran Sungai Pulau Simardan)

(Baca: Dosen USU Raih SINTA Awards)

Sementara itu, Wakil Rektor III USU Mahyuddin KM Nasution mengatakan, USU Medan telah membentuk Tim Kajian yang dipimpin Prof Ridwan Hanafi. Dalam beberapa hari kedepan akan melakukan kunjungan balasan ke Kota Tanjungbalai.

Mahyuddin mengatakan, dalam kunjungan balasan itu nantinya akan melakukan pertemuan dengan Pemerintah Kota Tanjungbalai, Forkopimda, instansi vertikal dan elemen masyarakat guna mendapatkan data dan informasi yang lebih akurat dan lengkap.

“Kami berharap, kajian yang akan dihasilkan dapat diselesaikan tanpa memakan waktu yang tidak terlalu lama, sehingga dapat segera menjadi dasar dalam peningkatan ekonomi masyarakat di Kota Tanjungbalai,” ujar Mahyuddin.

(Baca: Ekspor Kopi Sumut Terbesar ke Amerika Serikat)

(Baca: Ekspor Sumatera Utara Alami Penurunan 3,86 Persen)

Sebelumnya, Pemko Tanjungbalai juga telah melakukan MoU dengan USU, terkait pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan peningkatan kualitas pendidikan bagi para siswa di Kota Tanjungbalai, dengan melanjutkan pendidikan ke USU. Sehingga, kerjasama dalam bidang perekonomian ini nantinya diharapkan dalam waktu yang tidak lama dapat menghasilkan kajian yang akan menjadi dasar dalam peningkatan ekonomi masyarakat di Kota Tanjungbalai.

Share this: