Inovasi Luar Biasa Ikan Lele Probiotik di Bilah Hulu, Target 2 Ton per Hari

Share this:
OEN HASIBUAN-BMG
Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe bersama Kadis Perikanan dan Kelautan Jumingan saat memanen ikan lele probiotik di kolam ikan Pokdakan Barokah, Desa Pematang Seleng, Bilah Hulu, Kamis (6/12/2018) sore.

Sedangkan kebutuhan ikan di Labuhanbatu sendiri, menurut Julianto, sekitar 3 ton lebih per hari. Oleh sebab itu, Julianto menyampaikan mereka akan berusaha semaksimal mungkin agar bisa memroduksi ikan lele untuk memenuhi permintaan pasar di Labuhanbatu.

“Kalau saat ini masih 600 kg per hari,” ujarnya.

“Ikan yang kami hasilkan adalah ikan yang dibudidayakan secara baik dan pemeliharaannya menggunakan bahan-bahan alami, sehingga sehat untuk dikonsumsi masyarakat,” ucap Julianto setengah berpromosi.

Menurut Julianto, Kabupaten Labuhanbatu memiliki banyak potensi, akan tetapi kendalanya adalah menyatukan para petani lele yang masih berdiri sendiri.

Pada kesempatan itu, Julianto menyampaikan mereka dari Pokdakan Barokah telah menerapkan dua sistem berkelompok, yaitu kelompok terbatas dengan 10 orang anggota dan kelompok tidak terbatas yang terdiri dari 10 orang lebih anggota.

“Nantinya, kami siap menampung hasil kelompok-kelompok tersebut,” pungkas Julianto.

(Baca: Enam ‘Titah’ Bupati Atasi Kelangkaan Elpiji 3 Kg, Poin 4 Wajib Anda Ketahui)

(Baca: Ingat! Harga Eceran Tertinggi Elpiji 3 Kg di Rantauprapat Rp16 Ribu per Tabung)

Pada kesempatan tersebut, plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi, didampingi Sekdakab dan Kadis Perikanan dan Kelautan menyerahkan bantuan kepada 9 Pokdakan, dengan berbagai jenis seperti terpal, calon induk ikan Lele dan obat-obatan probiotik.

Hadir dalam acara panen raya Ikan Lele tersebut Asisten Adm Pembangunan & Kesra, Pimpinan PT Bank Sumut Cabang Rantauprapat dan sejumlah Kepala OPD serta Camat.

Share this: