Walikota Tanjungbalai Berharap Serah Terima WTP-6 Dipercepat

Share this:
TIUS SIAGIAN-BMG
Walikota Tanjungbalai HM Syahrial, didampingi Direktur PDAM Tirta Kualo, Zuhdi Gobel, saat meninjau Instalasi Pengolahan Air Kapasitas 50 Lpd SPAM IKK Datuk Bandar, Selasa (18/2/2020).

TANJUNGBALAI, BENTENGASAHAN.com– Walikota Tanjungbalai berharap kepada Kementerian PUPR Ditjen Cipta Karya Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara segera melakukan serah terima bangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) atau Water Treatment Plant (WTP)-6 ke Pemko Tanjungbalai. Dengan begitu, WTP-6 segera dioperasikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan air bersih.

“Pembangunan sudah selesai pada tahun 2019 lalu, kita berharap secepatnya dilakukan serah terima agar segera dioperasikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan air bersih,” kata Walikota Tanjungbalai HM Syahrial, saat meninjau bangunan Water Treatment Plant (WTP)-6 atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kapasitas 50 Lpd SPAM IKK, di Pante Olang, Kelurahan Sijambi, Kecamatan Datuk Bandar, Selasa (18/2/2020) lalu.

Setelah dilakukan serah terima, masih kata Syahrial, maka Pemko Tanjungbalai juga dapat segera mengalokasikan anggaran untuk membenahi beberapa fasilitas pendukung, seperti arus listrik serta menyambungkan pipa distribusi ke pipa pelanggan. Kemudian, pengelolaan selanjutnya akan dipercayakan ke PDAM Tirta Kualo Kota Tanjungbalai.

Masih di lokasi yang sama, Direktur PDAM Tirta Kualo Zuhdi Gobel mengatakan, kehadiran mereka hanya sebatas melihat-lihat kondisi bangunan WTP-6 karena belum ada penyerahan pengelolaannya.

“Kalau sudah diserahkan ke PDAM Tirta Kualo, barulah bisa kita kelola. Saat ini, kita hanya melihat-lihat saja dulu, sehingga nantinya dapat langsung dibenahi jika ada kekurangannya dilakukan setelah serah terima,” ujar Zuhdi Gobel.

BacaSejak Selesai Dibangun, WTP-6 Belum Juga Berfungsi, Ada Apa?

Seperti diketahui, bangunan WTP-6 ini dibangun oleh Kementerian PUPR Ditjen Cipta Karya Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara pada tahun 2019 lalu, dengan menghabiskan dana sekitar Rp13,7 miliar yang bersumber dari APBN TA.2019. Rencananya, WTP-6 atau IPA Kapasitas 50 Lpd SPAM IKK Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai itu akan dihibahkan kepada Pemko Tanjungbalai.

BacaTernyata, Intake WTP-6 Pante Olang Tanjungbalai Dibangun di Atas DAS Lho

Namun sayang, sejak selesai dibangun pada 2019 lalu hingga saat ini, bangunan WTP-6 atau IPA Kapasitas 50 Lpd SPAM IKK Datuk Bandar, belum juga diserahkan kepada Pemko Tanjungbalai. Selain itu, terhadap bangunan WTP-6 tersebut juga belum dilakukan Commissioning (COMM) atau pengujian operasional.

Share this: