4 Daerah Yang Beruntung Dapat Bantuan Betor Pengangkut Sampah KLHK

Share this:
BMG
Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu saat menggelar pertemuan dengan masyarakat di Kotapinang, Labusel, Selasa (13/11/2018).

Lapisan masyarakat, hingga instrumen politik, kata Rudhy, tentu yang memiliki kemampuan untuk mendorong berjalan optimalnya kebijakan yang berkaitan dengan penanganan persoalan sampah yang semakin kritis di Indonesia.

“Segala upaya memang harus dilakukan untuk menekan semakin parahnya kondisi lingkungan kita,” ujar Rudhy.

Partai politik sebagai salah satu instrumen penting di negara ini, lanjut Rudhy, juga sudah seharusnya berperan aktif untuk mendorong penanganan persoalan sampah ini agar menjadi perhatian serius pemerintah.

Menyikapi bantuan KLHK RI tersebut, dia menilai meski disadari bahwa dorongan ini belumlah sepenuhnya mampu mengatasi persoalan penanganan sampah di kabupaten Labuhanbatu dan beberapa kabupaten lainnya di Indonesia. Namun, setidaknya langkah ini menunjukkan sebuah keseriusan untuk turut berperan aktif mengatasi persoalan lingkungan yang semakin hari semakin memprihatinkan. Terkhusus persoalan yang disebabkan oleh sampah yang semakin tak terkendali.

“Dengan sampainya bantuan sebanyak 10 unit kendaraan bermotor pengangkut sampah untuk kabupaten Labuhanbatu, kita tentunya sangat berharap agar nantinya dinas terkait yang mengelola bantuan ini bisa lebih optimal lagi dalam menjalankan program penanganan sampah, khususnya di wilayah perkotaan/desa dan kelurahan yang menerima bantuan ini di kabupaten Labuhanbatu,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Labuhanbatu Kamal Ilham menyampaikan terima kasih atas bantuan kendaraan pengangkut sampah tersebut. Rencananya, ke-10 betor sampah tersebut akan dibagikan untuk memperkuat program Bank Sampah yang ada di Labuhanbatu.

(Baca: Diguyur Hujan Dua Jam, Kegiatan Ekonomi di Kota Tanjungbalai Nyaris Lumpuh)

(Baca: Protes Dugaan Penyalahgunaan Anggaran JKN di Dinkes Labuhanbatu)

Dikatakan, program Bank Sampah yang ada di Labuhanbatu sudah berdampak positif. Terlebih lagi Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Sampah dan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 4 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Jumat bersih, Sabtu Hijau, dan Minggu Sehat.

Penyerahan bantuan bentor pengangkut sampah dari KLHK RI itu akan disalurkan bersamaan pada peringatan Hari Lingkungan Hidup di Labuhanbatu.

Share this: