Mahasiswa Unimed-Lanal TBA Transplantasi Terumbu Karang di Pulau Salah Namo

Share this:
TIUS SIAGIAN-BMG
Mahasiswa Unimed dan Lanal TBA saat membuat rangka laba-laba untuk kegiatan transplantasi terumbu karang di Pulau Salah Namo, Kabupaten Batubara, Minggu (20/6/2021).

BATUBARA, BENTENGASAHAN.com– Dalam rangka menjaga kelestarian biota laut, Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjungbalai-Asahan melakukan transplantasi terumbu karang di Pulau Salah Namo, Kabupaten Batubara. Kegiatan transplantasi terumbu karang tersebut dilaksanakan Lanal Tanjungbalai-Asahan dengan menggandeng Universitas Negeri Medan (Unimed).

“Tujuannya untuk melestarikan terumbu karang yang sudah mulai rusak,” kata Danlanal TBA Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory, kepada awak media, Selasa (22/6/2021). Dia mengatakan, transplantasi terumbu karang tersebut dilaksanakan karena terumbu karang di sekitar perairan Pulau Salah Namo, Kabupaten Batubara, sudah banyak yang rusak dan tidak terawat.

Oleh sebab itu, lanjutnya, kegiatan transplantasi terumbu karang ini dilakukan untuk mengembalikan kelestarian terumbu karang sebagai tempat hidup biota laut di perairan Pulau Salah Namo.

Persiapan pemasangan rangka laba-laba untuk kegiatan transplantasi terumbu karang di Pulau Salah Namo, Kabupaten Batubara, Minggu (20/6/2021).

BacaDirampok Sampai Ditahan Polisi Malaysia, Enam Nelayan Batubara Akhirnya Bebas

BacaPencegahan Dini Bahaya Tsunami, Polda Sumut Tanam 280.000 Pohon Mangrove

Menurut Robinson, terumbu karang di sekitar perairan Pulau Salah Namo, Kabupaten Batubara ini sudah tidak terawat, karena itu, kegiatan transplantasi ini dilakukan dengan tujuan untuk kembali melestarikan terumbu karang sebagai tempat hidup biota laut.

“Dan dalam kegiatan transplantasi terumbu karang ini, tidak hanya melibatkan personel prajurit TNI AL, juga melibatkan sejumlah mahasiswa dari Universitas Negeri Medan atau Unimed,” kata Robinson.

Bersambung ke halaman 2..

Share this: