Benteng Asahan

100 Tahun GPdI, Waris: Mari Bersama Jaga Kerukunan Umat Beragama di Tanjungbalai

Plt Walikota Tanjungbalai Waris Thalib saat menyampaikan sambutan dalam Acara Peringatan 100 Tahun Gereja Pantekosta di Indonesia (GPd.I), Senin (28/6/2021).

TANJUNGBALAI, BENTENGASAHAN.com– Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Tanjungbalai mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung Pemko Tanjungbalai dalam mewujudkan Tanjungbalai sebagai kota yang harmonis dan religius.

Hal itu disampaikan Plt Walikota H Waris Thalib saat menghadiri peringatan 100 Tahun Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI), yang dilaksanakan di GPdI Suara Nafiri, di Jalan Ciremai Lingkungan V, Kelurahan Sijambi, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai, Senin (28/6/2021).

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan keagamaan seperti ini sebagai bukti bahwa kerukunan umat beragama di Kota Tanjungbalai ini sudah kondusif,” kata Waris.

Oleh karena itu, dia mengajak semua agar berkontribusi untuk pembangunan Kota Tanjungbalai yang lebih baik dan mewujudkan Tanjungbalai sebagai kota yang harmonis dan religius kedepannya.

Menurut Waris, dalam upaya mewujudkan kota yang harmonis dan religius tersebut, Pemko Tanjungbalai telah mencanangkan situs wisata religi di lokasi Water Front City. Nantinya, lanjutnya, semua agama yang ada di Kota Tanjungbalai akan mempunyai ciri khas masing-masing dari agamanya di lokasi wisata religi tersebut.

BacaSudah 224 Orang Terkonfirmasi di Tanjungbalai, TNI-Polri Makin Gencar Gelar Operasi Yustisi

BacaTeluk Nibung, Juara Umum MTQN ke-51 Kota Tanjungbalai

Plt Wali Kota Tanjungbalai ini juga menegaskan bahwa segala potensi gejolak sosial terutama yang bersinggungan dengan sesama umat beragama di Kota Tanjungbalai, patut diwaspadai bersama.

Bersambung ke halaman 2..

Untuk itu, lanjut Waris, mengajak seluruh elemen masyarakat dan tokoh agama agar bersama-sama bergandengan tangan memberikan pembinaan dan edukasi yang baik kepada umat, sehingga kondusifitas dan keharmonisan antar umat beragama di Kota Tanjungbalai dapat terus terjaga dengan baik.

Pada kesempatan itu, Waris juga mengungkapkan bahwa saat ini pembangunan Kota Tanjungbalai dalam tahap pembenahan karena situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

BacaMahasiswa Unimed-Lanal TBA Transplantasi Terumbu Karang di Pulau Salah Namo

Plt Walikota Tanjungbalai H Waris Thalib foto bersama dengan Majelis Daerah GPdI Sumut.

BacaPemko Tanjungbalai Apresiasi HKBP Turut Sukseskan Program Pembangunan Nasional

Ia mengungkapkan, banyak program pemerintah yang tertunda akibat anggaran terserap untuk penanganan wabah Covid-19 atau refocusing, antara lain untuk mensukseskan program vaksinasi untuk percepatan penanganan Covid-19 di Kota Tanjungbalai.

“Mari kita bersama-sama meningkatkan kerukunan dan menjadikan Kota Tanjungbalai sebagai kota religius yang penuh kedamaian. Sebagai umat beragama, kita juga berdoa, agar wabah Covid-19 ini dapat secepatnya dihilangkan dari bumi pertiwi ini,” pungkas Waris mengakhiri pidatonya.

Bersambung ke halaman 3..

Sementara itu, Kakan Kemenag H Al Ahyu mengatakan bahwa melalui peran serta gereja akan mampu mendorong pemerintah dalam mewujudkan programnya terlebih dalam peningkatan keharmonisan, kedamaian dan kebersamaan di tengah masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi dan mendukung setiap gereja maupun umat beragama lainnya agar turut ambil bagian dalam program pemerintah. Oleh karena itu, kami selaku perpanjangan dari Kementerian Agama, siap turun dalam rangka mewujudkan kedamaian, kerukunan di setiap elemen keagamaan yang ada di Tanjungbalai ini,” ujarnya.

Al Ahyu juga mengungkapkan bahwa Kemenag Kota Tanjungbalai saat ini sedang mengembangkan modernisasi keagamaan yang tujuannya untuk menciptakan dan menguatkan kerukunan dan silaturahmi antar umat beragama. Pada Kesempatan ini, pada Perayaan HUT ke-100 GPdI, tahun ini, mari bergandengan tangan untuk tetap menjaga tali persaudaraan antar lintas agama khususnya di Tanjungbalai.

Acara diakhiri dengan penyerahan cindera mata oleh gembala jemaat Pdt Benyamin Lena kepada Plt Walikota Tanjungbalai Waris Thalib dan Kakan Kemenag Tanjungbalai, Al Ahyu dan foto bersama.

BacaGelar Serbuan Vaksinasi Nasional di Tanjungbalai, 2.113 Warga Divaksin

BacaMempererat Kerukunan Hidup Umat Beragama di Kota Tanjungbalai

Turut hadir dalam perayaan itu, Ketua Majelis Daerah GPdI Sumut Pdt Samuel Gozaly beserta para gembala dan hamba Tuhan dari majelis wilayah se-Asahan Tanjungbalai (Astab), Sekretaris BKUK Robinhot Silaen, Ketua GAMKI Rinto Sihombing, Ketua PBB Francus Sihombing, Ketua PWKI Suster Patarina Sinaga, jemaat serta tamu dan undangan lainnya.